Kamis, 08 Januari 2009

Aneka Bahan Pengemas dari Plastik & Kertas

Aneka Bahan Kemasan dari Plastik

Bahan kemasan secara umum dibagi menjadi 2 macam, yaitu kemasan produk pangan dan kemasan produk non pangan.Kemasan produk pangan umumnya menuntut jaminan keamanan lebih daripada kemasan produk non pangan.

Dibawah ini adalah jenis kemasan plastik yang termasuk kemasan produk pangan

1. PET : singkatan dari Poly Ethylene Theraphalate, berfungsi untuk mengemas produk yang membutuhkan perlindungan ekstra terhadap udara.

2. OPP : singkatan dari Oriented Poly Propylene, berfungsi untuk mengemas produk yang membutuhkan perlindungan ekstra terhadap kelembaban.

3. PVC : singkatan dari Poly Vinyl Citrid, mengeluarkan gas beracun bila terkena panas,
sehingga penggunaannya untuk poduk pangan hanya diijinkan untuk kemasan luar saja.

4. PO : singkatan dari Poly Olyvin, fungsinya hanya untuk tampilan keindahan pada kemasan.Warnanya yang bening dan sangat transparan, menghasilkan efek kilap pada kemasan.

5. PE : singkatan dari Poly Ethylene, fungsinya dalam dunia kemasan terkenal sebagai seal layer-lapisan perekat.

6. PP : singkatan dari Poly Propylene, fungsinya dalam dunia kemasan sering dipakai untuk pelapis bahan kemasan lainnya, sebagai seal layer, maupun sebagai kemasan yang berdiri sendiri.

7. Nylon : merupakan gabungan dari PET dan OPP, berfungsi untuk mengemas produk yang membutuhkan perlindungan ekstra terhadap udara dan kelembaban. Palstik nylon biasanya dipakai untuk mengemas vacuum produk produk makanan seperti: bakso, sosis, bandeng presto dll.
Tristar Machinery menjual mesin pengemas vacuum & plastik Nylon untuk mengemas produk makanan. Ukuran plastik tersedia beberapa macam. Bisa juga dipesan dengan ukuran tertentu sesuai permintaan dengan minimum order. Untuk informasi harga plastik Vaccum & jumlah bisa menghubungi Lutfiana di Flexi 031-71933131.

Apabila anda tertarik untuk membeli mesin pengemas Vaccum bisa menghubungi Rosa - Hp 088803211729.



Tristar Machinery
Jln. Rungkut Mapan Utara CA 24 Surabaya
Telp 031-8708071 - Fax: 031-8722794

Aneka Bahan Kemasan dari KERTAS

Kertas banyak digunakan sebagai pembungkus utama.Berdasarkan cara pembuatannya, kertas mempunyai kekuatan yang berbeda-beda ; misalnya terhadap air, minyak, dsb.
Pelapisan dengan menggunakan lilin akan menghasilkan kertas yang lebih kuat dan tahan terhadap air, sehingga mempunyai peranan yang penting dalam pembungkusan bahan-bahan yang sangat lengket seperti gula-gula, mentega / margarine, serta hasil-hasil pertanian yang lain.
Bahkan kini telah banyak digunakan untuk wadah es krim.Penggunaan kertas yang dilapisi lilin baru dimulai sejak ditemukannya kertas selophan, aluminium foil, atau plastik.
Macam-macam kertas bungkus :

1. Kertas kraft.Mempunyai sifat yang sangat kuat dan banyak digunakan untuk membuat kantong kertas dalam ukuran besar.

2. Kertas Glassine. Mempunyai daya tahan yang baik terhadap udara dan lemak, dan secara umum warnanya transparan.Permukaannya halus dan mengkilat.

3. Kertas parchement.Pembuatannya dilakukan dengan cara dipucatkan dengan direndam dalam larutan asam sulfat.Mempunyai daya tahan terhadap lemak dan air.Banyak digunakan sebagai pembungkus mentega, minyak goreng, oli, dan bahan-bahan berminyak lainnya.

2 komentar: